Flushing minyak rem mobil sendirian, kenapa tidak?

Setiap kendaraan bermotor dimana perangkat master rem nya menggunakan cairan (fluid) maka pada periode tertentu carian (minyak rem) tsb. harusnya di ganti (flushing) dengan cairan yang baru agar unjuk kerja minyak rem tetap prima. Kapan cairan tsb. (mnyak rem) harus di ganti, dapat di lihat dari buku panduan service berkala pada kendaraan masing2.

Bagi para pengendara kendaraan yg tidak suka utak atik kendaraan, maka cara terbaik didalam perawatan perangkat rem adalah dengan membawa kend. tsb. ke bengkel resmi atau ke Bengkel yg sdh di kenal baik dan punya reputasi yang dapat di percaya.

Pada umumnya penggantian minyak rem kendaraan bermotor roda 4 (mobil) ditangani oleh 2 orang montir, yaitu khususnya pada saat membuang angi yang terjebak didalam pipa saluran minyak rem dan perangkat rem yang ada di masing2 ban.  biasa nya motir 1 setelah mengisi kembali minyak rem pada tabung resevoar akan mencoba mebuang angin yg terjebak dengan mengijak pedal rem beberapa kali, sementara montor 1 bertugas membuka tutup nepel yang ada di masing2 ban lihat gambar:

Model rem Tromol / non cakram                                                      

drum brake

   

 

 

 

 

 

                                  Rem Cakram

rem-cakram

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaannya : Apakah penggantian minyak rem mobil bisa dilakukan 1 orang saja ?.

jawabnya               :  Bisa, kenapa tidak?

 Tulisan ini lebih dimaksud kepada orang2 yang suka utak atik atau membetulkan kendaraan sendiri, tetapi bagi yang mau coba silahkan saja asal tetap memperhatikan aspek2  safety dan sudah mengerti sistem kerja rem kendaraan tsb. tulisan ini lebih bersifat sharing atas dasar pengalaman pribadi penulis.

Penggantian minyak rem pada kendaraan roda 4 khususnya bisa dikarena kan oleh beberapa faktor antara lain:

  1. terjadi kebocoran minyak rem pada master rem atas maupun kebocoran seal pada salah satu perangkat rem yag ada di masing2 ban.
  2. Mengganti minyak rem sesuai anjuran dari buku petunjuk perawatan mobil.
  3. Kegagalan sistem rem yg di akibatkan terjadinya korosi didalam perangkat rem yg terpasang di ban, hal tsb. mengakibatkan rem menjadi terkunci (locked) dan tidak kembali normal pada saat pedal rem kembali di lepas dari ijakan.
  4. Beberapa hal lainnya yang pada inti nya mengharuskan mengganti minyak rem yang ada dengan minyak rem baru.

PEMBUANGAN / FLUSHING:

Ada tips sederhana pada saat mengganti minyak rem agar minyak rem yang akan di buang tidak berceceran di lantai ataupun membasahi ban dan perangkat yg menempel di ban kendaraan.

Sediakanlah selang ukuran kecil sepanjang +/- 50 Cm. biasanya selang ini digunakan oleh tukang bangunan untuk mengukur ketinggian dan banyak dijumpai di toko material bangunan. selain itu sediakan kantong plastik yang biasa digunakan untuk membuat es batu.

masukan salah satu ujung selang kedalam kantong plastik dan di ikat dengan karet gelang. maksud selang & kantong plastik ini adalah untuk menampung minyak rem yang keluar dari nepel perangkat rem yang ada di ban, pada saat nepel tsb. dibuka. (sederhana tapi tidak membuat lantai jadi basah oleh minyak rem yang keluar).

 Untuk selanjutnya maka untuk flushing minyak rem, bukalah nepel pada setiap ban satu per satu secara bergantian, dan tampunglah minyak rem yang keluar dengan menggunakan selang yg ujungnya sdh di masukan kedalam kantong plastik.

 Nepel brake

Yakinkan bahwa semua minyak rem sudah habis dari resevoar (master rem atas) dan sdh tidak ada lagi aliran minyak rem yang keluar dari masing2 perangkat rem di masing2 ban. kemudian kecangkan kembali semua nepel yg ada di masing2 ban.  proses pembuangan minyak rem ini berdasarkan hukum alam saja dimana minyak akan mengalir dari ketinggian menuju ke yang lebih rendah.

Kalau mau lebih cepat bisa saja masing2 perangkat rem di ban, di pasangkan selang dan kantong plastik, sehingga pekerjaan pembuangan minyak rem dilakukan serentak. aktivitas pembuangan ini tidak diperlukan pedal rem untuk di injak. karena kalau di injak/ditekan maka pada saat pedal di lepas kembali, udara akan tersedot keadalam perangkat rem melalui nepel. ingat kita melakukan seorang diri bukan ber 2. 

PENGISIAN MINYAK REM

Sebelum kita akan mengisi kembali resevoar minyak rem, yakinkan bahwa posisi nepel pada masing2 perangkat rem di ban sdh tertutup rapat kembali.

Siapkan minyak rem baru dalam botol besar kemasan 1000 Ml (1 liter) dengan pesifikasi yg sesuai dengan spesifikasi minyak rem yg di rekomendasikan pada kendaraan tsb. misal spek DOT 3 (umumnya). dalam hal ini penulis tdk mengupas soal DOT. soal warna minyak (merah / bening) sama saja. artinya tidak ada spesifikasi khusus kalau warna merah itu bla bla bla, warna bening itu bla bla bla. yang penting spesifikasi DOT nya betul.

Setelah resevoiar master rem atas terisi penuh dengan minyak rem, maka silahkan lakukan satu per satu membuka nepel pada bagian perangkat rem yg ada di ban. silahkan saja di mulai dari ban depan satu per satu. ingat selang & kantong plastik penampung di pasang kembali. silahkan menunggu sampai minyak di resevoar berkurang sekitar 1/3 maka nepel dapat di tutup atau sampai minyak rem keluar dari nepel dan tdk ada gelembung udara yang keluar dari nepel. artinya minyak rem ygn mengalir ke perangkat rem yg di ban tsb. sudah mengalir dan mengisi penuh ruang piston rem.

Isi kembali resevoar master rem dengan minyak rem dan lakukan hal yang sama untuk ke 3 roda berikutnya. yakinkan nepel di tutup / di kencangkan kembali saat aliran minyak yang keluar sdh tdk ada gelembung udara yg muncul.

Setelah selesai semua, maka hidupkan mobil dan coba lah injak pedal rem. bilamana masih tidak sama dengan yg seharusnya, dapat di ulangi lagi membuka nepel pada masing2 ban.

kalau sudah cukup yakin akan posisi pedal rem yg sdh kembali semula. maka sebaiknya di coba kendaraan untuk di jalankan dan di coba perangkat rem nya.

Selang dan kantong plastik sangan membantu menampung minyak rem yang keluar agar tidak ber ceceran di lantai. hal ini dapat di gunakan juga bila di lakukan ber 2. sehingga minyak rem yg menyemprot ke luar pada saat pedal rem di injak, tetap tertampung di wadah plastik.

selamat mencoba.

2 Tanggapan to “Flushing minyak rem mobil sendirian, kenapa tidak?”

  1. Mas alit maaf mau nanya. DImana saya bisa memesan piau kang Dadang Caribou?
    Saya mau tipe skiner.
    SAya orang bali, sering makek pisau untuk keperluan adat, kerja adat seperti: motong daging, dan meraut bambu.

    • suyanto hadimihardjo Says:

      Mas Widana,
      wah saya ber untung dapat kenalan orang Bali nih. siapa tahu saya bisa tanya soal ukir mengukir.

      Untuk melihat2 produk pisaunya kang Dadang, bisa di lihat di blog nya dengan kata kunci “Caribou Knife”, atau bisa juga kalau punya account FB cari dengan key “Dadang Suhendar atau bisa contak beliau di 081320122166 atau di 08164873318. Silahkan kontak saja. beliau orangnya cukup ramah dan mau berbagi ilmu.

      Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: