Pisaunya Kang Tedy Kurniawan (PANDAWA KNIFE)

 

Perkenalan dengan Kang Tedy di dunia maya ini sebetulnya diawali adanya komentar soal pisau yang saya tulis di Blog ini.   Saya sendiri sudah cukup lama tidak mengisi blog saya dengan tulisan baru, apalagi soal per pisauan.  Saya tidak tau siapa Tedy Kurniawan yang mengaku juga bisa membuat pisau seperti yang ada pada koleksi pisau saya.

Hmmm… Menarik juga tawarannya. entah kenapa muncul ke inginan saya untuk menambah koleksi pisau. namun dibalik keinginan itu saya bingung sendiri jenis pisau apa yang akan saya pesan. ya akhirnya modelnya pesanan saya adalah seperti yang ada pada foto2 diatas.

Terus terang saya tidak mengenal sosok Tedy Kurniawan yang menurut pengakuannya adalah juga pernah bergabung di salahsatu workshop pembuat pisau ternama di Bandung.  Produknya pisaunya pun baru sekali saya lihat ketika Tedy Kurniawan mengirimkan foto2 pisau buatannya. Ada beberapa hal yang cukup menarik yang membuat saya langsung memesan 2 bilah pisau dengan harga yang cukup kompetitif. baru kali ini ada harga pisau dihitung berdasarkan ukuran panjang nya. Selama ini pisau buatan tangan dihargai dengan apa adanya. kalaupun ada yang menawarkan membuat pisau dengan harga per ukuran panjang (Cm) ya baru kali ini saya dapatkan.

Terus terang ketika pesanan pisau saya terima, dengan masa pengerjaan sekitar 3 – 4 Hari untuk 2 unit pisau, kwalitas pisau yang saya terima tidak berbeda jauh dengan beberapa koleksi pisau saya hasil buatan pembuat pisau ternama di Bandung.  bahan dasar pisau yang paling banyak dipakai saat ini diantaranya adalah jenis D2 dengan kombinasi bahan Duralium atau kuningan dengan gagang kayu maupun tanduk menjangan / rusa.

Pisau buatan Tedy Kurniawan dengan merek dagang PANDAWA KIVES sudah presisi dari sisi kiri dan kanan dari sisi mata pisau. buatannya halus. hal yang menurut saya cukup sulit dalam pembuatan pisau dengan jenis bahan D2 adalah kehalusan sisi mata pisau. keseimbangan kemiringan sisi tajam mata pisau. tidak terlihat adanya goresan2 halus hasil gerinda. Gagang pisau yang ergonomis sehingga cukup nyaman di genggam di tangan. saya juga mencoba memotong sebuah kertas HVS dengan pisau tsb. cres… terpotong seperti dipotong dengan cutter.

Yang saya tahu pembuatan pisau dengan bahan dasar metal D2 tidak banyak diperlukan penempaan karena bahan dasarnya sudah merupakan pelat / bar metal dengan ketebalan tertentu. sehingga tinggal membuat pola, pemotongan, penipisan sisi mata pisau dan finishing. agak beda dengan pisau yang bahan metalnya di tempa (karbon steel atau dari bahan spring leave) ataupun metal campur yang menghasilkan bilah pamor.

Terus terang saya bangga saja dengan buatan pisau2 anak Negeri yang nggak kalah kualitasnya dari pembuat pisau buatan tangan dari luar negeri. Saya berharap produk pisaunya Teddy Kurniawan dengan merek PANDAWA KNIVES dapat lebih di kenal bukan saja bagi pencinta & pengkoleksi pisau dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Tentu saja untuk lebih menarik dan menghasilkan produk pisau buatan tangan yang berbeda satu dan lainnya maka di perlukan sebuah ciri2 khusus yang mudah dan menjadi ciri produknya. Bagi saya Produknya T. Kardin Pisau Indonesia sudah cukup mempunyai ciri. produk pisaunya Kang Dadang Caribou juga punya ciri sendiri.  Saya berharap produknya pisaunya Tedy Kurniawan juga nantinya akan mudah di kenal dengan adanya ciri2 khusus.

Kalau boleh saya beri saran / masukan, maka selain ada Tag / tulisan PANDAWA KNIVES, ada bagusnya di lengkapi dengan misalnya tulisan Hand Made dan tentu ada tulisan Indonesia sebagai ciri produk Anak Bangsa. selain itu ada beberapa detail di bilah pisau yang perlu di perhalus lagi serta kalaupun ada corak / gambar relief, maka relief tsb. menjadi ciri khusus sehingga dengan melihat sekilas corak  / gambar relief orang akan langsung bisa mengenali pisau buatan tangan Tedy Kurniawan. Bagi saya hal tsb. tidaklah terlalu sulit.

Pada akhirnya saya cukup bangga karena Tedy Kurniawan yang menurutnya masih cukup berusia muda ini dapat menambah dan mewarnai dunia perpisauan di Indonesia.

Ayo, siapa yang mau pesan pisaunya. saya bukan promosi lho. soal harga saya yakin cukup kompetitif deh.  silahkan saja kontak langsung saja sama Tedy Kurniawan. Alamatnya : Jl. Akasia 5 no 8B Marga Asih Kab. Bandung Jabar. atau bisa kontak HP nya 085659287797

Sebagai pelengkap info, 2 bilah pisau yang ada di foto tsb. berbahan D2 dan K100 (metal yang biasa dipakai untuk pisau pemotong kertas).

Ayo Kang Tedy Kurniawan, muculkan inovasi2 baru biar tambah banyak model nya.

Bontang, 15-Mar-2012

6 Tanggapan to “Pisaunya Kang Tedy Kurniawan (PANDAWA KNIFE)”

  1. ada almat fb atau blognya pak? blh disertakan jg

    • suyanto hadimihardjo Says:

      Sayang Blog nya belum dibuat sama Teddy tapi kayaknya tidak lama lagi blog nya akan terbit termasuk FB nya khusus untuk per pisauan.
      tapi kalau FB beliau bisa di cari “Teddy bin Kurniawan” atau pin BB beliau 20D7F934

      Salam

  2. Wah P. Alit ni tambah semakin banyak aja koleksi pisaunya….belati warisan Pak Tentara ada, belati Tedi Kardn tercapai, pisau belati, kukri, katana buatan P. Dang Caribow sampon….sekarang Kang Tedi sdh kena jg
    Kemudian empu mana lg Pak Alit DPOnya xi…xi..xi…
    Jd kepingin jg sy nyoba..buatan beliau Kang Tedi K.
    Semoga pisaunya bermanfaat…
    Dn yg punya selalu dlm penjagaan-Nya, & sehat selalu
    AMIEN….

    • suyanto hadimihardjo Says:

      Terima kasih Mas Zainal. ya secara tdk sadar terkumpul walau tidaklah banyak sekali. terakhir memang saya tidak pesan pisau tetapi mata tombak. sy pesan ke seorang Empu di Yogya (kebetulan sdng liburan nyambangin junior yg kuliah).
      Mmemang jujur saja sampai saat ini belum semua pisau2 itu saya manfaatkan sebagaimana fungsi nya.

      Salam

      • Wah….selesai tugas mendidik yg putri, sekarang ingkang putro kakung kuliah di Jogja juga ya……semoga tergapai apa yg mjd cita2nya dn. bermanfa’at ‘Ilmunya…
        O..ya bukanya P. Alit dah punya banyak tombak pak….
        Di Jogja di Desa “Banyu Sumurob” sentra pembuat khusus Tosan Aji P. Alit, coba bapak kl ada luang waktu mampir ke sana, bahkn ada bbrp Sultan di Malaisia dn Sultan Berunai pernah bikin keris di situ
        Tentang Pisau Pendawa sy SMS ke no yg bpk tulis di atas kok gk di balas ya… bapak ada punya no lain…
        Sebelumnya sy menghaturkan banyak terimakash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: