Goa Halimah, Poros Bontang – Samarinda

Goa Halimah Kutim berpose bersama di depan mulut goa

 

Pak Halimah dan karung kotoran kelelawar sebagai pupuk organik diambil dari goa Halimahrekan sedang mengambil gambar2 / foto didalam goa Halimah

 

Aliran air di parit guacGoa Halimah

 

salah satu lorong di Goa Halimah

 

dinding atas / langit2 Goa halimah

alah satu lorong goa Halimah yang dihuni kelelawar

 

Sang pemilik Goa, Pak Halimah

     

didepan mulut Goa Halimah

 
Goa Halimah ini terletak sekitar KM 27 poros jalan Bontang – Samarinda dan sekitar 2 Km masuk ke kanan dari jalan poros.  Goa Alam ini terletak di bawah perbukitan batu cadas. Untuk menuju ke Goa tsb. tentu saja kita haru melewati sebuah pemukimam penduduk yg sdh cukup lama menempati lokasi ex base camp pt. Hanbo (Korea) yang dahulu adalah kontrtaktor utama pembuatan jalan Bontang – Samarinda. 

Halimah adalah sebuah nama yang kami berikan untuk Goa alam tsb. hal ini dikarenakan ketua RT setempat atau yang di tuakan di pemukiman tsb. bernama pak Halimah dan kebetulan juga  Goa tsb. berada di kawasan kebun nya. ketika kami tanyakan apa nama Goa alam yg berada di kawasan kebun nya pak Halimah, Pak halimah sendiri kebingungan menjawab. dia bilang nggak ada nama nya. akhirnya saya iseng2 nyebut “Kalau gitu saya kasih nama goa Halimah aja ya pak..”. Pak Halimah hanya senyum2 saja.

Penamaan Halimah pada goa alam ini untuk memudahkan kami saja. tidak ada hubungan nya dengan hal2 lain yang bersifat Agama dan hal2 lain. Kalau kami sebut gua Kelelawar, maka banyak gua2 alam di huni oleh kelelawar.

Goa Halimah adalah sebuah goa alam yg terbentuk secara alamiah ribuan tahun lalu. Goa ini berada di sebuah perbukitan batu cadas.  saya tdk tau berapa ketinggian  goa ini dari permukaan laut. Mulut goa ini nyaris tertutup sama pepohonan yang menutupi sebagian dinding bukit batu. Lubang Goa ini menjorok ke bawah. di depan pintu goa terlihat sebongkah batu an yang sangat besar yang menutupi hampir setengah mulut gua. Bongkahan batu tsb. berasal dari bibir atas gua yang runtuh.

Goa Halimah mempunyai beberapa lorong2 yang dihuni oleh kelelawar. Goa ini boleh dikatakan sdh mati karena saya tdk melihat adanya stalaktit dan stalagmit di dalam goa.  diantara lorogn goa terdapat parit air yang mengalir entah dari mana dan alirannya kemana, kami belum banyak tau. Goa Halimah ini tidak dihuni oleh burung walet, tapi dihuni oleh kelelawar. walau demikian Goa Halimah ini telah menghasilkan puluhan karung kotoran kelelawar yg dijual sebagai pupuk organik.

Secara umum, goa Halimah ini hanyalah salah satu goa alam yag biasa2 saja. sejauh ini belum saya dapati sesuatu yang istimewa di dalam goa ini. Goa ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekiatr 1 Km dari pemukiman penduduk dengan menyusuri jalan setapak dan mnyusuri beberapa kebun warga. Goa ini menurut saya cenderung rapuh kalau di lihat dari batu2an yang ada di mulut goa. Sebongkah batu besar yang ada di depan mulut goa ini menandakan bahwa se waktu2 bebatuan bagian atas juga dapat runtuh menutupi Goa. Go ini sejauh yg saya ketahui hanya dihuni oleh kelelawar dan beberapa jenis katak / kodok.

Sayang memang karena waktu terbatas kami belum banyak menyelusuri semua lorong2 gua halimah. target saya akan mem videokan lorong2 goa Halimah.

dibawah ini ada beberapa foto2 hasil bidikan saya dan teman2 ketika pertama kali memasuki goa halimah.

Btg Feb 2012

Goa Halimah Bontang - Smarinda

 
goa Halimah

Goa Halimah

3 Tanggapan to “Goa Halimah, Poros Bontang – Samarinda”

  1. akarpulay Says:

    Bisakah saya meminta keterangan lokasi gua ini? gua ini di daerah mana ya. Saya belum begitu jelas, apakah lokasinya di Teluk pandan bontang? marang kayu? atau pampang? sebab kilo 27 itu dari arah samarinda ato arah bontang. Nah pak halimah itu ketua Rt berapa. Mohon informasinya.

    • suyanto hadimihardjo Says:

      Saya ambil patokan dari Arah Bontang. sekitar KM 23 Jalan Bontang – Samarinda, masuk sisi kanan jalan. patokannya adalah di sisi kanan jalan ada semuah mesjid kecil. masuk jalan kampung sekitar 200 Mtr nanti ketemu sama beberapa rumah penduduk. silahkan ketemu sama ketua RT nya pak Halimah RT nya cuma 1 saja kalo nggak salah. Pak Halimah itu orang yang di tua kan dan beliau akan membawa kita ke Gua tsb.
      Goa tsb.
      Saya yakin masih ada bebrapa goa lain yang belum terjamah di sekitaran karst daerah tsb. hanya saya belum ada niatan menjelajah lebih jauh lagi ke dalam hutan dan karst. semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: