Install MSD 6AL di Jeep CJ 7 tahun 81

install MSD 6AL di Jeep CJ7 tahun 81INSTALASI_MSD_6AL

Sekedar sharing saja ketika saya mencoba memasang sendiri perangkat MSD 6 AL untuk menggantikan pengapian modul
CDI standart di mobil CJ-7 saya Keluaran tahun 81. Instalasi tsb. mengacu kepada buku manual MSD 6AL dan beberapa literatur lainntya dan finalnya saya coba sederhanakan dengan membuat gambar yang sebagian saya ambil dari sumber2 di buku manual MSD 6AL,  mudah2an dapat mudah di mengerti.

Pemasangan MSD 6AL ini juga bisa kombinasikan dengan breaker / cut off, khususnya kabel yang menuju ke Battery. jadi sebelum kabel merah dihubungkan dengan kutub (+) di battery dapat di tambahkan “cut off” sehingga dalam kondisi mesin mati, tidak ada aliran listrik ke MSD. Hal ini menurut saya pribadi juga untuk menghindari kemungkinan terjadinya short yg dapat merusak perangkat MSD 6AL.

Saya sangat terbuka dan mengharapkan kritik dan saran ataupun koreksi terhadap denah / wiring diagram tsb. wiring diagram tsb. belum sepenuhnya sempurna karena saya belum mencoba menghubungkan kabel untuk ke Tachometer / RPM serta ke sistem lainnya untuk kabel warna putih.

Salam

5 Tanggapan to “Install MSD 6AL di Jeep CJ 7 tahun 81”

  1. Kalau dengan MSD6AL 2 berbeda nggak?

    • suyanto hadimihardjo Says:

      Mas Dwi,
      saya masih belum melihat system kabel MSD6AL 2, tapi menurut saya pribadi hal tsb. lebih mengarah kepada fungsi spesifik masing2 tapi unuk instalasinya tidak jauh berbeda.

      • suyanto hadimihardjo Says:

        Mas Dwi, saya seklias membaca manual untul 6AL dan 6AL2 sepertinya wiringnya sama saja, hanya dalam unitnya ada pilihan2 (see hal 5 install 6AL 2).
        Salam

  2. herman subandi Says:

    wah lit petualangan yg sangat menyenangkan
    kalau ada waktu dan tentu uangnya ada
    aku mau banget tuh
    melihat keindahan dan ciptaan nya yg maha kuasa
    sangat menyenangkan dan untuk mengintropeksi diri kita
    salam n lanjutkan petualangan

    • suyanto hadimihardjo Says:

      Bandi, sebetulnya komentarnya nggak pas sama topik yg ditulis. tapi saya mengerti, yang dimaksud adalah “expedisi bengalon karst”
      ya begitulah yang bisa saya nikmati di Kaltim ini. hanya saja sekarang tidak terlalu ngoyo lagi deh.
      benar adanya yang Bandi bilang, masih banyak lho keindahan alam Kaltim bak mutiara dan berlian yang belum banyak ter expose, karena selain agak sulit di jangkau, butuh biaya tinggi. namun suatu saat pariwisata Kaltim Insya Allah perlahan2 akan dikenal

Tinggalkan Balasan

