Jam Session

si ragil

si ragil

Berkumpul dan becekrama bersama keluarga adalah hal yang wajar dalam kehidupan berkeluarga. Se sibuk apapun kita sebagai seorang Ayah dalam pencari nafkah, maka bercengkrama, ngobrol bersama istri ataupun anak2 juga bagian dari pekerjaan dan kewajiban seorang Ayah. Saling berbagi cerita, mendengarkan keluhan ataupun cerita mereka membuat saya sebagai seorang ayah menjadi lebih mengerti tentang dunia kehidupan anak2 saya. Namun dalam beberapa hal kami seperti dibatasi dan kejar2an dengan waktu. Hal itu terkait dengan domisili kami. masa berkumpul dengan anak2 hanya dimulai dari ketika mereka lahir sampai dengan lulus SMA. Begitu lulus SMA pada umumnya anak2 hijrah ke Jawa untuk melanjutkan kuliah, bekerja dan mungkin juga mencari jodoh dan menetap.

tentu saja sisa waktu berkumpul bersama anak2 tidak akan saya sia2kan.  anak2 saya biasakan sejak kecil untuk menyisihkan waktu untuk duduk dan ngobrol bersama. apa saja yang bisa di diskusikan tentu akan sangat menarik untuk di dengar dan di tanggapi. Pengalaman saya untuk melengkapi isi kamar anak2 dengan segala kebutuhannya seperti perangkat TV dll. membuat mereka betah di kamar dan tidak ber interaksi dengan keluarga. untung saja saya menyadari bahwa kondisi tsb. tidak baik untuk keharmonisan keluarga. dan hal itu pula yang menjadikan saya sedikit selektif untuk memberikan fasilitas2 untuk mereka.

Sebagai seorang anak, tentu saja punya kemauan dan kesukaan yang berbeda. satu diatara kesukaan mereka adalah bermain musik. walau saya tidak jago2 amat main musik seperti gitar dan piano, tapi saya mencoba untuk memberikan mereka fasilitas agar mereka dapat tumbuh seimbang. dalam kesempatan tertentu, saya mencoba mengikuti alur fikir kesukaan mereka dalam hal bermain musik. maka kadang jadilah ayah dan anak ber jam session. 

Bontang Dec 08

 

 

Tinggalkan Balasan

