Antara Balikapan – Bontang

Hal yang paling saya nikmati dalam setiap perjalanan pergi pulang dari Balikpapan Bontang dengan fligh charter adalah memejamkan mata untuk sekedar tidur sebentar. Perjalanan udara dengan pesawat buatan Kanada dengan kapasitas 48 seat sebetulnya tidak terlalu lama. Hanya sekitar 35 menit saja bila dibandingkan jalan darat yang memakan waktu sekitar 5 Jam dalam menempuh jarak sekitar 200 Km an.

Sebetulnya waktu 35 menit itu bagi saya sudah cukup lama, kecuali ada teman ngobrol sesame pekerja yang akan dinas atau pulang dinas.

Dari Jalur penerbangan Bontang – Balikpapan maka pesawat fligh charter sepertinya menggunakan jalur dengan terbang diatas daerah Kutai Kartanegara.

Pada kesempatan lain saya mencoba untuk memotret landscape dataran di wilayah Kutai Kertanegara dari. Di beberapa titik terutama disekitaran sepanjang sungai Mahakam terlihat banyak tambang batubara dalam sekala2 sedang. Lorong2 ex galian batubara terlihat disebagian titik cukup dalam dan ada yang tergenang air. Ada yang terlihat seperti bentuk sarang laba2.  Pada umumnya sesuai kontrak karya yang saya tahu, setelah habis masa tambanganya maka kolom2 kubangan harus di timbun lagi dengan tanah dan di atasnya ditanami tumbuhan2. Emas Hitam memang sedang naik daun dengan harga yang cukup menggiurkan investor untuk mengeruk keuntungan. Namun ada sedikit kekawatiran dihati ini. Apakah selesai masa penambangan tanah yang bolong dan terbentuk kubangan besar itu akan di reklamasi kembali atau di tinggalkan begitu saja….  Secara hukum dan aturan Amdal ex tambang batubara harus di tutup kembali dengan tanah yang  pernah dikupas. 

Mudah2an saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: